Aplikasi Excel Perputaran dan Kejadian

Assalamu'alaikum wr, wb
Bismillahirrohmanirrohim,
Segala puji kami panjatkan kehadirat Alloh SWT yang telah menciptakan Matahari, Bulan dan Bintang sebagai perhiasan dan petunjuk bagi orang yang berakal. sholawat salam semoga tercurahkan kehadirat junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW.
Selanjutnya, dalam postingan kami kali ini akan membagikan sebuah aplikasi berbasis microsoft office excel yang kami beri nama "Perputaran dan Kejadian" seperti yang kami rencanakan sebelumnya akan dirilis sebelum bulan Februari 2020 ini.
Fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk perhitungan hisab ijtimak akhir bulan hijriyah menurut kitab Sulamun Nayyiroin yang dipusatkan ke titik Betawi (Jakarta) dan dimuadalahkan ke titik Kedungreja Kabupaten Cilacap.

Langsung saja kepada cara penggunaan aplikasi, cukup mudah bagi pemula untuk menggunakan form excel yang kami susun ulang dari form excel kediri jawa timur ini.
Pertama bukalah File aplikasi Perputaran dan Kejadian maka tampillah halaman seperti di bawah ini.
kemudian di kolom atas terdapat kolom bulan dan tahun, isilah dengan bulan hijriyah yang akan dihitung. dalam hal ini kita akan menghitung ijtimak akhir bulan, jadi, jika kita ingin menghitung awal bulan Romadlon (Awal Puasa) maka yang kita hitung adalah akhir bulan Sya'ban (Ruwah) yang secara otomatis waktu tersebut juga awal bulan Romadlon. jika kita ingin menghitung awal Syawal (Akhir Romadlon / Haro Lebaran / Badan / Idul Fitri) maka yang kita hitumg adalah akhir Romadlon yang secara otomatis waktu tersebut adalah awal bulan Syawal.
pada contoh kali ini kita akan mencari awal syawal tahun 1441 Hijriyah. maka yang kita masukan pada kolom bulan adalah "10" karena Romadlon adalah bulan ke 10 dan pada kolom tahun kita memasukkan "1441". dalam kolom kesimpulan akan muncul data ijtimak Akhir Romadlon 1441 H.

untuk file aplikasi bisa di download di sini

Selanjutnya, kami merasa bahwa aplikasi ini masih banyak sekali kekurangan, maka kritik dan saran kami terima untuk meningkatkan kualitas aplikasi ini.

Semoga apa yang kami bagikan kali ini dapat bermanfaat bagi kami sendiri dan bagi kaum muslimin seluruhnya. Amiin ya Robbal 'Alamin.

wabillahi taufiq wal hidayah
Wassalamu'alaikum wr wb

Komentar

Posting Komentar